468x60 Ads

Rabu, 02 Mei 2012

Menggunakan UK Kalender Untuk Time Scheduling Anda


Assalamu’alaikum, Halo… Software yang akan kita Review kali ini yakni mengenai Schedule Time, yaitu UK Kalendar.

Penulis menggunakan software ini sebagai software schedule time. Dan penulis menilai software ini cukup baik untuk menjadwalkan kegiatan-kegiatan yang ada. Mulai dari fitur ToDo yang bisa dipakai untuk visi kita bulan depan, tahun depan, atau 2 tahun depan, sampai fitur kegiatan sehari-hari. Baiklah silakan menyelami apa yang dipunyai oleh software yang satu ini. Cekidot yo!




Layout
Tampilan dari software ini cukup sederhana, dilihat mulai dari bagian atas, kita menemui menu-menu standar software pada umumnya. Lalu dibawahnya terdapat tool-tool berbentuk icon, pun standar software pada umumnya. Ditambah opsi bulan dan tahun, dan juga tampilan tanggal hari ini.
klik untuk memperbesar gambar

Lalu dibawahnya terdapat 2 tampilan utama secara umum. Tetapi terlihat 5 Tab. Yaitu ToDo, Week, Fortnight, Month, Year. 2 tampilan maksudnya adalah, jika kita melihat tab ToDo, maka disana kita mengisinya dengan hal-hal yang menggunakan perencanaan jangka panjang. Tetapi tidak menuntup kemungkinan bila anda menggunakannya sebagai perencanaan jangka pendek. Tapi saya sarankan fitur ini digunakan untuk jangka panjang.

Lalu dibagian sebelah kanan terdapat beberapa tab yaitu Week, Fortnight, Month, dan Year. Bila anda mengisikan di salah satu tab tersebut, maka di tab yang lainnya anda bisa melihat schedule tanggal tersebut. Jadi, hanya masalah tampilan saja. Jikalau Week, maka tampilan schedule untuk minggu ini yaitu 7 hari. Jikalau fortnight, tampilan full selama 14 hari, dan itu lintas minggu. Tampilan month dan year anda bisa menebak, yaitu tampilan perbulan dan pertahun.
klik untuk memperbesar gambar

Pengunaan
Baik kita mulai dengan penggunaan tab ToDO. Silakan mengklik kiri 2 kali dibagian area yang kosong, maka akan terlihat jendela Edit ToDo. Disini anda bisa mengisikan schedule anda. Misalnya rencana untuk bulan maret tanggal 2 tahun 2010, anda ingin menghadiri tablig akbar Aa Gym di Masjid Raya Bogor. Pada bagian group, anda bisa mengisikan group untuk acara ini, misalkan Pengajian. Lalu pada bagian Description, anda bisa mengisikan definisi acara tersebut. Misalnya “Tablig Akbar Aa Gym euy. Tong Hilap Yo!” Lalu pada kotak notes, anda bisa mendefinisikan lebih detail lagi. Misalkan “Tablig Akbar Aa Gym tanggal 2 Maret 2010 di Masjid Raya Bogor Jam 8 Pagi.” Pada bagian Network, anda bisa mencentangnya bila anda ingin orang yang satu jaringan dengan anda dapat mengakskses jadwal ini.
klik untuk memperbesar gambar


Lalu pada bagian display, anda bisa memilih warna colored field agar nantinya kolom anda berwarna sesuai keinginan anda. Dan teksnya pada opsi colored text, anda bisa menentukan tampilan teks yang tampil di tabs ToDo.

Lalu dibagian bawahnya terdapat Date yaitu Deadline dan Forewarn. Anda bisa mengisi Deadline dengan tanggal hari H dari rencana anda. Lalu Forewarn anda bisa menseting alarm berapa waktu sebelum hari H tersebut. Misalnya Deadline tanggal 2 Maret 2010, anda ingin diingatkan 7 hari sebelumnya, maka pada kotak Forewarn in anda isikan dengan 7 Days.

Lalu bagian priority, anda isikan prioritas dari rencana tersebut apakah pertama, ataukah kedua, dan seterusnya.

Lalu dibawahnya lagi terdapat percent done dan Document Associate, anda bisa mengisikan progress persentase dari kegiatan anda, apakah kesiapannya sudah 50%, atau 75% dan sebagainya. Lalu pada bagian Associate anda bisa menambahkan file tambahan anda.

Lalu dibagian tabs Week sampai Year, cara kerjanya sama dengan tab ToDo, namun lebih kepada aktivitas Calendar Event untuk anda.
klik untuk memperbesar gambar


Export

Ini dia fitur yang cukup baik dari software ini, yaitu fasilitas untuk export ke file HTML dan juga CSV. Dengan begitu, jadwal kita bisa ditampilkan di program Browser maupun Excell. Misalnya kita ingin export ke HTML, caranya klik file > Export > HTML > Lalu isikan opsi yang ada sesuai keinginan anda. Klik preview untuk melihat tampilan sebelum save, lalu klik export untuk menyimpan file.
klik untuk memperbesar gambar


That’s it!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Wassalam.


Muhammad Nafis Abdullah

jalanroda[at]gmail.com

0 comments:

Posting Komentar

Silakan isi box ini jika ingin berkomentar