468x60 Ads

Minggu, 27 Mei 2012

Tutorial Networking: Merubah Gadget menjadi Hotspot

Assalamu'alaikum

Suatu ketika seorang teman meminta untuk mengkoneksikan Modem Flashnya kepada saya. Saya tahu dia mempunyai gadget yang high tech. Sebut saja Samsung Android Series. Maka dari itu saya bilang mengapa tidak merubah gadget menjadi hotspot saja? Apakah bisa? tentu saja bisa. Asik kan.

Dengan caranya ini, anda bisa saling berbagi jaringan internet menggunakan HP layaknya menggunakan Access Point atau hotspot. Jika anda memiliki gadget sejenis IPhone atau android, biasanya sudah tersedia fitur untuk menjadikannya sebagai hotpsot. Istilahnya tethering atau berbagi internet. Pada kesempatan ini saya menggunakan menggunakan gadget saya yang agak jadul, hehe. Samsung Galaxy Mini, dan menggunakan Laptop ber OS XP.

TETHERING
Berikut adalah konsep tethering, jika anda sudah tidak sabar lewatkan saja paragraph ini. Tethering adalah sebuah istilah yang berarti menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya. Dalam konteks ini, kita akan menggunakan gadget yang sudah terhubung ke internet, agar bisa dihubungkan dengan komputer atau laptop. Konsep ini sama saja menjadikan gadget sebagai hotspot. Untuk lebih jelasnya kita lihat gambar berikut:
Terlihat berbagai perangkat seperti Laptop, Handphone, dan PC (menggunakan Wireless LAN) terkoneksi dengan hotspot berupa gadget. Kira-kira inilah yang akan kita bahas kali ini. Bagaimana merubah gadget yang terhubung ke internet menjadi hotspot yang bisa diakses oleh perangkat lainnya.

ALAT dan BAHAN

Samsung Galaxy Mini. Digunakan sebagai hotspot nantinya. Jika gadget anda berbeda, mungkin ada perbedaan settingan.
Charger. Kita juga membutuhkan daya yang sangat menguras gadget, untuk itu ada baiknya gadget dihubungkan ke HP (sifatnya optional)
Laptop. Digunakan untuk testing koneksi internet


SETTING
Saya asumsikan anda sudah menghubungkan gadget anda ke Internet, jadi kita tinggal menseting saja internet gadget tadi supaya bisa dipancarkan sehingga laptop bisa mengakses internet tersebut.
Mengaktifkan Internet Gadget
1. Buka menu berbentuk kotak didesktop seperti gambar


2. Buka Menu Settings


3. Masuk ke Wireless and networks


4. Klik menu Mobile networks


5. Aktifkan menu Use packet data


6. Pemberitahuan akan ditampilkan, intinya dia berkata bahwa koneksi tersebut akan memakan pembiayaan lebih dari kartu sim anda. Klik saja ok jika anda setuju. Dan ada baiknya anda sudah mengikuti langganan internet kartu sim anda, karena biayanya lebih terjangkau.


7. Maka akan terlihat status bahwa Packet Data aktif
Maka Use packet data akan ter-ceklis tanda fitur tersebut aktif. Disamping itu dibagian atas terdapat icon H yang berarti jaringan HDSPA sudah aktif. Kadang juga terlihat G atau 3G atau E atau Edge. Ini tergantung daerah anda berada apakah terjangkau HSDPA, 3G atau Edge. Usahakan HSDPA karena aksesnya lebih cepat.

Mengaktifkan Hotspot
1. Masuk ke menu setting (sama seperti langkah 2 diatas)
2. Pilih wireless and networks (sama seperti langkah 3 diatas)
3. Pilih Tethering and portable hotspot


4. Pilih Mobile AP (Access Point) settings. Lalu pilih Configure mobile AP


5. Pada contoh ini kita ubah nama Access Point menjadi Nafisdroid, pada security pilih sistem keamanan jaringan anda. Saya memilih opsi WPA2 PSK


6. Ketikkan password lalu klik tombol Save


7. Ceklis Mobile AP seperti gambar dibawah
Maka dibagian atas akan terlihat status bahwa Access Point aktif (gambar bundar berwarna biru diatas)


TESTING
Sejauh ini, hotspot gadget anda sudah aktif dan siap digunakan. Kini saatnya kita testing via laptop
1. Aktifkan laptop anda
2. Klik 2x icon Wireless Network Connection (biasanya dibawah kanan)


3. Klik menu refresh


4. Akan terlihat Access Point Nafisdroid, klik 2x, maka sistem akan melakukan koneksi. Jika ada windows untuk memasukkan password, masukkan password anda tadi (passwordnya sama seperti bagian Mengaktifkan Hotspot - langkah 6 diatas)





5. Buka browser anda, lalu ketikan http://nafisnotes.blogstpot.com (promosi-euy.com hehe..)


TARAAAAAAAAAAAAAAAAA..

Sudah cukup berkata-kata, silakan anda berselancar ke internet :p dan jangan lupa untuk membuka nafisnotes.blogspot.com dimanapun anda berada. Dan jangan lupa pula untuk mensubscribe email anda untuk nafisnotes.blogspot.com. Nantinya akan ada promo dan info yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan :D

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Wassalam


Muhammad Nafis Abdullah

jalanroda[at]gmail.com

NB: Jika ada segala kesalahan teknis yang terjadi sepenuhnya adalah tanggung jawab anda. Afwan jiddan :)


0 comments:

Posting Komentar

Silakan isi box ini jika ingin berkomentar