468x60 Ads

Selasa, 22 Oktober 2013

Tips Mempercepat koneksi Modem

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
Beberapa waktu yang lalu saya surfing internet dan menemukan artikel untuk mempercepat koneksi modem. Artikelnya anda bisa lihat di http://www.rochyannr.com/2013/05/3-cara-ampuh-meningkatkan-koneksi.html. Saya setuju dengan pendapat artikel tersebut karena sesuai pengalaman saya, memang begitu. Saya ingin juga menuliskannya disini, untuk memperlengkap tulisan saya tentang Internet. Semoga dapat menambah wawasan pembaca sekalian.

Tips mempercepat koneksi modem
Untuk mempercepat koneksi modem, ada 2 hal yang ingin saya share. Yaitu dengan:
1. Membuat modem tetap dingin
2. Menggunakan DNS paling cepat di area anda

Membuat modem tetap dingin
Suatu ketika saya merasakan betapa melambatnya koneksi modem saya. Saya pikir-pikir, mungkin karena modem saya kepanasan. Saya coba untuk mendekatkannya pada kipas. Ternyata benar saja, koneksi kembali cepat seperti sedia kala.

Saya menggunakan smartphone untuk berinternet ria. Saya tidak menggunakan modem flash karena menurut saya, lebih ringkas pakai smartphone. Tinggal aktifkan tethering, aktifkan paket data, dan wifi-an dengan laptop. Simple kan? Bagi pengguna komputer desktop yang menggunakan koneksi LAN, memang ini tidak memungkinkan, kecuali anda memiliki wireless lan khusus untuk PC anda.

Bagi yang ingin mengetahui bagaimana penulis merubah smartphone menjadi hotspot, silakan anda baca disini http://nafisnotes.blogspot.com/2012/05/tutorial-networking-merubah-gadget.html

Menggunakan DNS Tercepat
Saya ingin membahas teorinya dulu, jika anda tidak sabar ingin langsung ke teknis, silakan langsung ke sub berikutnya, Teknis Menggunakan DNS paling cepat di area Anda

DNS atau Domain Name System bisa digambarkan sebagai buku telepon yang mencatat nomor-nomor server tujuan. Analoginya begini, jika anda ingin bertanya rute ke Bandung, maka anda akan bertanya kepada operator. Misalnya Operator A akan menjawab, lewat puncak, lalu ini, lalu itu. Operator B lain lagi jawabannya. Ke Bandung, anda silakan lewat Sukabumi, lalu ini, lalu itu. Nah Operator ini yang kita sebut sebagai DNS ini.

Saat komputer berselancar di Internet, dia akan menggunakan DNS untuk merouting (menggunakan rute) jaringan bagaimana seharusnya rute terbaik menuju ke google misalnya. Apakah lewat server Jakarta, menuju Australia, lalu tujuan akhir server Google di Amerika. Atau lewat server Jakarta, Singapura, Eropa, Afrika, Asia Tengah lalu tujuan akhirnya server Google Amerika? Tentu menurut kita pilihan pertama lebih cepat bukan?

Nah, seperti itulah kinerja kecepatan jaringan internet kita. Jika kita menggunakan DNS yang routingnya tidak terlalu bagus, hasilnya koneksi anda akan terasa lambat. Tentu ini tidak menyenangkan bukan. Bagaimana cara agar koneksi anda cepat. Anda harus mencari DNS tercepat di area anda berada. Bagaimana cara mencarinya?

1. Anda bisa surfing di om Google tentang DNS-DNS server tercepat di area anda, atau,..
2. Anda bisa menggunakan DNS Software bernama DNS Jumper

Teknis Menggunakan Dns Paling Cepat di Area Anda
Sebelumnya saya ingin mengingatkan, hal yang akan anda lakukan ini sepenuhnya tanggung jawab anda :) After all, saya sudah mencobanya, berhasil dan tidak ada masalah. Silakan anda konsultasikan kepada yang lebih ahli sebelum anda lakukan ini.

Kita akan menggunakan software free bernama DNS Jumper, bisa anda download di:

Langkah menggunakan DNS Jumper
1. Pertama buka file DnsJumper.exe



2. Pertama, tentukan sumber Internet anda pada kolom Select Network Card. Saya menggunakan Wireless LAN di laptop yang saya gunakan, maka saya memilih no 1. Atheros AR9285 Wireless Network,..

Tentukkan alat anda sendiri ya :)

3. Kemudian klik Fastest Dns (no. 2). *ralat, tombol Fastest Dns ya, dibawah tombol nomor 2:

4. Maka program akan mencari DNS Server yang paling cepat di area anda

5. Jika sudah, tekan tombol Apply Dns Servers. Maka program akan merubah DNS server anda seperti hasil pencarian DNS pada langkah 4 diatas

6. Jika sudah, anda bisa menutup program tersebut.

Sekarang anda  sudah menggunakan DNS yang telah anda apply pada langkah 6 diatas. Jika anda ingin mengeceknya, silakan lanjut pada bagian bawah ini

Mengecek DNS Server
DNS Server sudah di apply, untuk melihat settingan baru tersebut, langkahnya sebagai berikut:

1. Buka Command Prompt. Start > Run > ketik CMD lalu tekan Enter


2. Ketik ipconfig /all lalu tekan Enter

3. Hasilnya DNS server akan terlihat. DNS yang telah anda Apply tadi sudah ter Applied.


Sekian pembahasan ini. Jika Internet anda sudah terasa cepat, syukur Alhamdulillah. Jika belum, mungkin ada faktor-faktor lain yang menentukan, misalnya jaringan daerah anda memang sedang down, software di komputer anda sedang update sehingga memperlambat koneksi browser anda, atau mungkin anda lupa beli pulsa :p

Maafkan jika ada salah-salah kata. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Wassalam

Thanks to www.rochyannr.com atas inspirasinya.

2 comments:

Fitri mengatakan...

mantabbb gan, udah ane coba dan work 100% ! Thanx.. :)

Tim O'Conner mengatakan...

Sama-sama gan. Kunjungi juga website saya, http://nafisproject.com. Saya sedang membuat projek yang isinya tutorial video. Tapi baru 1 video saja :-)

Posting Komentar

Silakan isi box ini jika ingin berkomentar