468x60 Ads

Selasa, 22 Mei 2012

Tutorial PowerPoint: Menghilangkan tanggal saat print

Assalamu'alaikum. Suatu ketika seorang teman bertanya, bagaimana mengilangkan tanggal saat print sebuah file PowerPoint. Jujur saja, saya tidak tahu caranya. Sehingga saya googling cara tersebut. Alhamdulillah ketemu. Caranya sangat gampang sekali ternyata hehe. Mungkin ini akan berguna bagi teman-teman yang sedang bersiap untuk menyampaikan materi seminarnya kepada para peserta. PowerPoint pada tutor ini menggunakan versi 2007 dengan windows XP.  Berikut adalah langkah-langkah menghilangkan tanggal saat print.



Langkah-langkah
1. Buka file PowerPoint anda








2. Klik tombol Office Button > Print > Print Preview
Pada contoh ini kita bisa lihat backgroundnya berwarna hitam. Ceritanya kita ingin mengirit tinta juga hehe. Makanya kita set printer menjadi pure black and white, hanya bagian tertentu saja yang berwarna hitam. Misalnya objeknya saja.













Menghilangkan background (Pure Black and White)
3. Pilih tombol Options di kiri atas












Hasilnya:









Menghilangkan tanggal
4. Keluar dari tampilan print preview, klik





5. Pilih tab View > Handout Master






6. Lalu klik dan delete bagian Date seperti gambar berikut:

Jika sudah cobalah tutup jendela tersebut dengan mengklik tombol close seperti gambar disamping. Lalu print preview atau langsung print.




Mengedit page per sheet printing
7. Secara default disini, power point akan memprint 6 slide dalam satu kertas/pages. Jika anda ingin mengubahnya, pastikan anda masih ada dijendela Handout Master seperti sebelumnya. Lalu klik tombol Slides Per Sheet dan tentukan slide per page yang anda inginkan










Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Wassalam

Muhammad Nafis Abdullah

jalanroda[at]gmail.com

0 comments:

Posting Komentar

Silakan isi box ini jika ingin berkomentar