468x60 Ads

Sabtu, 26 Mei 2012

Menggunakan Flashdisk Online (bagian pertama)


Assalamu'alaikum. Konsep Flashdisk online ini bisa diaplikasikan dengan software dropbox. Apa itu dropbox? Dropbox adalah penyedia layanan storage online. Disini kita bisa menyimpan data-data kita didalam server milik dropbox. Dengan adanya dropbox, anda akan dimudahkan untuk sharing file dengan orang-orang yang anda inginkan.



Manfaat
Think the possibility. Bayangkan anda adalah seorang yang sibuk, sering keluar kota, dan selalu harus berhubungan dengan pekerjaan kantor. Tentu adakalanya sibos meminta laporan. Ada ada aja emang sibos itu, kita ada di birmingham, doi minta proposal penawaran yang ada di sydney. Mother of pearl. Haha kidding bos.

Atau anda seorang video editor. Disatu sisi ada kerjaan keluar kota, si empunya proyek minta portfolio anda. Sedang filenya ada di laptop satu lagi dirumah, tentunya itu memusingkan anda. Nah, jika anda memiliki dropbox, entah anda dosen, konsultan atau video editor, tentunya ini akan membantu anda bukan. Just like I've said, think the possibility.

Lalu apa bedanya dengan file-file sharing yang sudah ada? Apa bedanya dengan 4shared, indowebster atau malah webhosting? Bukankah sama saja, bisa digunakan untuk menyimpan dan sharing file? Ya. Jawabannya semuanya benar. Namun dropbox punya keunggulan, yaitu pada fitur

Fitur
Dropbox memiliki fitur yang unik dimana bisa digunakan layaknya folder sharing biasa. Folder sharing ini maksudnya, folder yang ada di komputer anda, dan folder itu bisa diakses dimana saja. Oleh akun anda, ataupun akun orang lain yang sudah anda izinkan.Dengan begitu, ini akan sangat memudahkan anda dalam sharing file. Coba kita lihat possibility dropbox dibawah ini:

Dengan dropbox dan terinstall aplikasinya. Maka anda bisa menghubungkan ke Laptop, PC ataupun gadget smartphone anda. Bagi yang belum menginstal aplikasi dropbox, maka orang tersebut masih bisa menikmatinya melalui browser.

Asik bukan? Nah sekarang 2 pertanyaan. Apakah dropbox berbayar? Dan kedua bagaiamana cara menginstalnya?

Dropbox memang berbayar. Namun jangan sedih dulu, ada juga kok yang gratis. Dengan akun gratis ini, setelah anda melakukan proses registrasi dan menginstal program desktopnya, maka anda akan mendapatkan space 2 GB dan bonus beberapa MB langsung pada akun anda. Ok, tertarik? Sekarang bagaimana menginstalnya? Pertama kita harus registrasi dulu ke dropbox.com Silakan lanjut bacanya :)

Registrasi
1. Buka Dropbox.com


2. Terlihat gambar seperti diatas. Pada:

  •  First name: isikan nama depan anda
  •  Last name: isikan nama belakang anda
  •  Email: isikan alamat email anda
  •  Password: isikan password untuk akun dropbox anda
  •  I Agree to Dropbox Terms: ceklis kotak tersebut yang menandakan anda setuju dengan persyaratan dari Dropbox
  • Klik tombol Create account

3. Akan terlihat jendela seperti gambar dibawah ini:
Sebenarnya akun anda sudah berhasil dibuat dan siap digunakan. Kini Dropbox menawarkan anda untuk menginstal program aplikasi desktopnya. Beberapa saat anda akan melihat browser mendownload program Dropbox. Namun jika tidak ada, anda bisa mengklik link restart the download pada kalimat dibawah Downloading Dropbox (Your Dropbox download should automatically start within seconds. If it doesn't, restart the download). Maka akan terlihat browser segera mendownload:
(Tampilan downloading pada browser Chrome)



4. Jika sudah selesai, bukalah folder dimana tempat anda menyimpan hasil download. Penulis menggunakan folder D:\mydoc\Downloads, bisa jadi anda berbeda



Instalasi
1. Klik ganda file Dropbox 1.4.7.exe seperti gambar sebelumnya. Maka akan terlihat jendela instalasi seperti berikut:


2. Klik Install. Maka proses instalasi akan berjalan


3. Jika instalasi sudah selesai:

  • Pada start menu anda, terlihat menu Dropbox

  • Pada Folder My Documents anda, terlihat folder baru bernama Dropbox


4. Bukalah folder tersebut. Jika ada jendela login, masukkan alamat email dan password anda.

Selamat. Anda sekarang sudah memiliki flashdisk online. Yang diujung sana manyun, "Bos, cuman 2 GB, kurang atuh."

Yach mungkin dia itu video editor. File kerjaannya bergiga-giga. Untuk yang gratis, sibos bisa menambah bergiga-giga space baru dengan cara mengundang orang lain untuk gabung dan install dropbox. Jika 1 teman anda sudah melakukannya, anda gratis mendapatkan space baru 250 MB atau lebih, saya agak lupa hehe. Dan sibos bisa meninvite lebih banyak teman sehingga space sibos bertambah buanyak. Space ini bisa diakumulasi sampai dengan 16 GB. Lumayan bukan???

Dan tentunya jika anda ingin lebih dari 16 GB, anda harus memiliki akun berbayar. Namun saya kira yang gratis juga sudah cukup. Ok sahabat, cukup sekian untuk post ini. Semoga bermanfaat.

Wassalam.


Muhammad Nafis Abdullah

jalanroda[at]gmail.com



NB: Tiap link dropbox diatas akan menuju pada link affiliasi saya. Nah, jika sibos mengklik, daftar dan instal dropbox, maka otomatis space penulis akan bertambah hehe. Terimakasih.

0 comments:

Posting Komentar

Silakan isi box ini jika ingin berkomentar