468x60 Ads

Senin, 15 Oktober 2012

Tutorial Winrar: Membagi dokumen untuk dikirim ke e-Mail

Assalamu’alaikum.

Mengirim e-Mail kini sudah bisa meng-attach puluhan mega. Katakanlah 25MB. Kita bisa mengirim banyak file office melalui e-Mail. Namun untuk pekerjaan yang berat seperti designer 3D, Animator dan lain sebagainya, ukuran ini sangat sedikit sekali.

Atau bagi anda para mahasiswa yang ditugaskan untuk mengirim pekerjaan rumahnya melalui e-Mail dosen, tentu saja bakal merepotkan. Apalagi jika dosennya killer. Memang menyebalkan tuch dosen :p
Be positive!
Saya pikir si dosen tidak serta merta menugasi kita suatu tugas tanpa tujuan yang jelas. Dulu waktu saya zaman kuliah, dosen meminta kami untuk menyiapkan segala hal yang berhubungan dengan komunikasi wireless via Tower dengan laptop. Lalu diukur berapa kekuatan gain dari beberapa daerah radius kampus. Waktu itu kami tidak tahu apa-apa tentang teknologi wireless. Kamipun menggerutu segala yang jelek tentang tugas itu. Tetapi positifnya, kami jadi tahu apa itu Program Netstumbler, bagaimana karakteristik jaringan, tentang inferensi area tertentu dalam radius kampus, bagaimana menyetting wireless tower dan laptop, bagaimana mengamankan jaringan melalui metode WPE, dan masih banyak lagi. Satu materi yang menjengkelkan, memaksa kami belajar. Bagi yang malas-malasan, mereka tidak dapat apa-apa selain rasa kesal. Bagi yang ingin belajar, kami jadi tahu ilmu tersebut plus ilmu-ilmu yang lainnya. So, be positive :)

Sudah cukup curhatnya!

Bagaimana cara agar kita bisa tetap mengirimnya melalui e-Mail? Salah satu caranya adalah dengan membagi-bagi atau split file tersebut menggunakan winrar. Kemungkinan besar komputer anda sudah terinstal winrar juga bukan??? Ok kita langsung prakteknya


Split File Dengan Winrar
1. Buka folder atau file yang ingin anda split


2. Dalam hal ini saya ingin membagi folder bernama Apel DKV yang berukuran 175 MB


3. Klik kanan file tersebut lalu pilih Add to archieve


4. Isikan nilai Split to volumes, byte sesuai yang anda inginkan. Saya mengisikan nilai 3100000 yang artinya sekitar 2.X MB. Harap dicatat, satuan disini adalah Bytes. Karena itu jika kita ingin men-split file menjadi 3 MB berarti yang anda harus isikan adalah 3145728 Bytes.


5. Bagaimana cara menkonversi nilai MB ke Byte? Jawabannya bisa 1 semester, coba buka saja web converter seperti http://www.whatsabyte.com/P1/byteconverter.htm disana anda bisa menkonversi ukuran byte. Coba Isikan 5 pada kolom Megabyte lalu klik tombol <> hasilnya seperti gambar berikut


6. Ok balik lagi ke winrar. Jika sudah klik OK. Maka winrar akan melakukan proses Splitting/membagi file. Tunggu sampai selesai.


7. Jika sudah maka akan terlihat seperti ini


8. Silakan anda attach file anda di e-Mail

Mungkin ada yang bertanya mengapa ukurannya harus 3 atau 5 MB bukan 20 MB saja? Karena yang sedang kita lakukan adalah mengupload via Web. Hal ini sebenarnya rentan gangguan. Menyebabkan file kemungkinan akan rusak atau tidak terkirim. Jika mensplit kecil-kecil seperti 3MB, itu jauh lebih aman.
Jadi, yang anda lakukan adalah mengirim beberapa email. Masing-masing maksimal 25 MB. Setelah 25MB selesai, anda kirim lagi maksimal 25MB berikutnya, begitu seterusnya sampai selesai. Anda sekarang jadi paham bukan, mengapa dibeberapa file sharing seperti indowebster.com ada file yang bernama nama_file_part10.rar dlsb. Itu karena mereka di split untuk memudahkan peng-upload-an.


Extract Split-ed File Dengan Winrar
Sekarang bagaimana cara mengextract file hasil split? Sangat mudah sekali, silakan ikuti langkah berikut:
1. Klik kanan file yang ingin anda extract. Misalnya Apel DKV.part01.rar


2. Lalu pilih Extract files..


3. Lalu tentukan folder dan file yang anda inginkan untuk mengekstrak file tersebut seperti gambar diatas. Jika sudah klik tombol ok

4. Proses extracting akan berlangsung


5. Jika sudah maka akan ada folder dengan nama sebagai berikut:


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)
Wassalam.

0 comments:

Posting Komentar

Silakan isi box ini jika ingin berkomentar