468x60 Ads

Jumat, 04 Mei 2012

Tips Membuat Shortcut Pada LAN


Assalamu'alaikum wr.wb.

Bagi anda yang bekerja diwarnet atau di suatu perusahaan yang kerjanya berhubungan dengan komputer LAN berbasis Windows, penulis mempunyai tips yang mudah-mudahan bermanfaat.

Contoh kasus begini:
Anda adalah seorang admin atau operator. Anda mempunyai komputer sendiri di tempat kerja anda. Seringkali anda harus berhubungan dengan folder pekerja lain. Atau folder kantor yang ada dikomputer lain yang telah di share. Misalkan folder anda yang
dishare adalah hg_. Lalu ada folder yang ada dikomputer lain yang dishare. Sebut saja folder punya_client. Bila anda ingin mengakses folder punya_client pada komputer anda. Anda akan mengetikan \\ip yang dituju\nama folder yang dishare. Contohnya: \\192.168.1.\punya_client

Bayangkan bila anda dihadapkan pada situasi misalkan bos anda sedang mengamuk :D atau client berdatangan kepada anda, memaksa anda untuk membuka folder punya_client tersebut. Anda mungkin akan kerepotan bila harus mengetik seperti \\192.168.1.11\punya_client.

Suatu folder yang dishare pada komputer lain bisa kita ubah nama nya menjadi sebuah direktori. Misalkan. alamat \\192.168.1.11\punya_client tersebut kita ubah menjadi alamat direktori. Misalnya r:

Jadi bila anda ingin mengakses punya_client tadi, anda tidak perlu menulis panjang-panjang prosedur diatas. Cukup ketikan r: pada run atau pada address di suatu jendela pada windows.

Pada contoh ini penulis menggunakan Windows XP sebagai Sistem Operasi. Bagaimana caranya? Ini dia.

1. Pilih Start - Run - lalu ketik cmd - enter
2. Misalkan folder yang hendak anda ubah menjadi r: tersebut ada di nomor IP 192.168.1.11
dan nama sharenya punya_client. Maka, ketiklah pada cmd
net use r: \\192.168.1.11\punya_client
Untuk lebih jelasnya. Silahkan liat gambar dibawah ini:


3. Bila berhasil maka akan seperti gambar dibawah ini:


4. Selesai.

Selesai. Kini anda tidak perlu repot-repot lagi mengetik IP diatas. Cukup R: lalu enter saja. Perhatikanlah juga pada folder My Computer anda. Akan terlihat Direktori baru yang merupakan akses ke folder share yang anda buat tadi.

Saran penulis. Anda jangan terlalu banyak membuat shortcut yang demikian. Makin banyak shortcut, komputer akan terasa lambat saat membuka My Computer atau fitur windows lainnya. Tapi kalo 1, 2 sich menurut penulis tidak masalah.

Bila anda hendak menghapus direktori tersebut. Bukalah My Computer. Lalu klik kanan direktori tersebut. Lalu pilih Disconnect.

Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat.

Wassalam


Muhammad Nafis Abdullah

jalanroda[at]gmail.com

0 comments:

Posting Komentar

Silakan isi box ini jika ingin berkomentar