468x60 Ads

Sabtu, 05 Mei 2012

Dilema Agnostik

Tim : sampai kapan sich lu begini terus coy?

Kyvic : maksud lo?

Tim : lu gak pernah sholat lagi kan? Apa lu pindah agama kaya paman lu itu?

Kyvic : hmmm… ga tau dech

Tim : kok gak tau? Mungkin lu bisa ngomong sama gw, mungkin gw bisa bantu loh

Kyvic : (diam)


Tim : gw tau dari temen-temen. Katanya lu dah ilfil (ilang filling) sama ALLOH. Bener itu? Katanya lu sering do’a sama Dia, tapi lu ngerasa gak ada perubahan. Lu ngerasa do’a2 lu gak dikabulin kan. Lu do’a buat nyokap lu supaya hidupnya gak susah lagi. Lu do’a tiap waktu tapi gak ada tanda2Nya yang mengabulkan do’a lu. Apa benar demikian?

Kyvic : gw gak tau. Yang jelas gw udah cape do’a sama ALLOH. Gak ada yang dikabulin. Gw dah do’a tiap waktu. Gw coba sekusyu-kusyuk nya, tapi tetep aja gak dikabulin. Buat apa gw do’a? Buat apa gw sholat? Buat apa gw puasa? Gak ada gunanya buat gw.

Tim : sempit amat sich pikiran lu vic?

Kyvic : terserah lu mau ngomong apa ge! Lu gak tau sich gimana menderitanya gw. Menderitanya nyokap gw. Gmn usaha terbaik gw buat ibadah. Semua itu gak ada gunanya buat gw! Buat apa gw ngelakuin itu semua kalo gak ada gunnanya buat gw?

Tim : setidaknya lu buat itu buat akhirat lu vic

Kyvic : akhirat? Do’a yang sekecil ini aja gak bisa dipercaya? Apa lagi soal akhirat? Tau apa lu so’al akhirat? Apa lu dah pernah liat? Dari mana sich lu tau akhirat? Dari kitab suci tuhan yang gak kabulin do’a gw? Do’a aja udah gw gak percaya lagi, buat apa gw percaya sama akhirat?

Tim : jangan sembarangan lu ngomong vic! Lu tuch gak tau apa2, lu lagi labil, lu gak sehat jalan pikirannya.

Kyvic : terserah lu mau ngomong apa ge! Yang jelas gw gak percaya lagi sama yang namanya do’a sama tektek bengeknya!

Tim : tapi lu masih percaya sama tuhan kan?

Kyvic : gw percaya! Tapi gw rasa gw gak perlu ibadah sama Dia. Buat apa? Toh gw gak dapet apa2. gak ada gunanya kan?

Tim : apa nafas yang lu hirup itu bukan pemberianNya? Apa darah yang mengalir harmonis di badan lu bukan nikmatNya? Apa yang ada didunia ini jalan gitu aja tanpa ada yang ngatur?

Kyvic : terserah lu mau ngomong apa. Lagian lu kayak gak tau agama lu aja. Disana-sinikan banyak perbedaannya. Apa lu gak merasa membingungkan dan merasa dibodohi?

Tim : maksud lu?

Kyvic : maksud gw. Agama Islam itu katanya Agama yang paling benar. Agama yang paling lengkap! Agama final! Tapi kok ada perbedaan disana-sini? Apa itu yang disebut benar final dll??? Lu tau mazhab? Mazhab itu kan banyak? Buat apa pake banyak2 kaya gitu? Katanya udah lengkap dan final? Harusnya kan udah ada standarisasi tentang masalah besar kecil dan semua yang menyangkut kehidupan ini? Kenapa harus ada banyak mazhab? Itu kan sama aja membingungkan. Dan yang membingungkan itu kan dekat dengan keraguan? Dan keraguan itu bukannya hasil dari ketidak-sempurnaan? Katanya agama yang sempurna? Lah kok masih ada perbedaan disana sini? Apa lu dah mikir sejau itu?

Tim : memang benar apa kata lu vic. Agama Islam itu memang ada istilah mazhab. Dan itu memungkinkan adanya perbedaan tata cara peribadatan. Namun dalam Islam itu ada yang harus lu ngerti sekali tentang itu vic. Islam itu agama tauhid. Yaitu mengesakan ALLOH. Dan itu adalah aqidah kita. Akidah dasar kita. Paling mendasar. Dan yang lu tanya itu, tentang mazhab itu, adalah tentang khilafiyah. Lu harus ngerti bener2. Mana yang aqidah, dan mana yang khilafiyah. Yang lu omongin tadi itu masalah khilafiyah. Bukannya masalah yang paling mendasar dalam Islam. Yaitu aqidah. Lu bisa tanya sama orang2 Islam diseluruh dunia. Siapa tuhannya? Siapa nabinya? Apa kitab sucinya? Dimana kiblatnya? Pasti mereka semua menjawab ALLOH SWT., Muhammad SAW., Al-Quran, dan Ka’bah. Mereka yang mengaku Islam pasti menjawab seperti itu. Kecuali kalo aqidah mereka sesat. Seperti ahmadiyah, lia eden, dlsb. Masalah aqidah itu tidak ada perbedaan dalam Islam. Semua pasti menjawab yang sama. Kalo masalah mazhab, itu masalah perbedaan tata cara ibadah, berdasarkan sumber2 yang mereka pahami. Dan masalah mazhab itu, perbedaan tata cara beribadah itu dibolehkan dalam Islam. Ada sebuah hadits yang kalo gak salah begini. “suatu hari Nabi Saw bertanya kepada seseorang, “hei fulan, apa yang kau lakukan saat menemui suatu masalah?” si fulan menjawab “hamba akan mencarinya di dalam Al-Quran”, nabi bertanya kembali “Bila kau tak menemukannya dalam Al-Quran?” fulan menjawab “saya akan mencarinya didalam Al-Hadist”, Nabi kembali lagi bertanya “bila pada keduanya tidak engkau temui jawabannya?” fulan pun menjawab lagi “aku akan berijtihad tentang masalah tersebut” Nabi pun berkata: “bila kau benar dalam ijtihad mu, ALLOH akan memberimu 2 pahala, bila salah, kau akan mendapat 1 pahala””. Masalah mazhab adalah masalah perbedaan cara pandang dalam memahami quran dan hadist, dan ijtihadnya para orang terdahulu saat memahami suatu perkara, termasuk perkara ibadah. Ijtihad tersebut didapat dari berbagai dalil yang mempunyai kekuatan yang berbeda pula. Maka dari itu juga, ada tingkat kekuatan dalam hadist. Apakah shahih, daif, atau palsu. Jadi masalah perbedaan itu memang tidak dilarang, asal yang terpenting aqidahnya yang benar. Yaitu kesaksian tiada tuhan selain ALLOH, dan Muhammad adalah rasul ALLOH. Dengan bersaksinya lu, berarti lu harus tunduk dalam syariatnya. Dan salah satu syariatnya adalah sholat, zakat, puasa, dan lain sebagainya. Kini lu ngga sholat, gak puasa, dan ibadah lainnya. Gw malah jadi bertanya, apa lu ngerti akan kelakuan lu ini? Lu bicara ini itu, tapi lu sendiri cuman tau dari pikiran lu sendiri. Sedang pikiran lu didapat dari ilmu yang lu dapet. Selama ini ilmu yang lu dapet dari mana sich? Apa lu suka nongkrong dipengajian? Di masjid? Apa yang sering lu baca? Lu baca komik, baca buku2 orientalis, sedang lu gak sadar siapa itu orientalis? Mereka itu adalah musuh2 yang memusuhi Islam! Sedang lu baca buku2 mereka. Pikiran lu sama kaya pikiran mereka. Sekarang lu maki-maki Tuhan cuman gara2 do’a lu gak dikabulin. Parah amat sich lu?

Kyvic : hebat bener lu nyanyi2 dari tadi(mulai terasa panas). Tapi apa lu ngerti juga maksud dari omongan lu tadi? Lu gak kawatir kalo lu salah? Islam agama yang benar? Hah bullshit! Tau dari mana lu soal kebenaran? Dari ajaran Islam? Islam kan ajarannya udah dari 14 abad yang lalu? Kenapa juga lu harus percaya? Apakah waktu selama itu gak ada proses pelunturan akidah, pelunturan ajaran? Selama 14 abad itu apakah gak ada yang merubah-rubah ajaran Islam? Apakah gak ada perang jadi quran dan hadist tidak dibakar dan tidak dimusnahkan? Atau kah ada perang? Apakah dalam perang itu kitab2 tersebut tidak dibakar atau di ubah isinya menjadi lain dari aslinya? 14 abad men!!! 1400 tahun!!! Waktu yang lama buat sebuah kitab untuk bertahan! Bertahan dari tangan2 jail manusia. Lu yakin waktu selama itu ngga ada yang namanya sabotase quran dan hadist? Gak ada pengubahan isi kitab2 tersebut?

Tim : gw percaya Al-Quran masih asli sampai akhir zaman!

Kyvic : kebodohan macam apa itu? Mana logika lu ge?

Tim : logikanya ada pada Al-Quran itu sendiri. Al-Quran itu kan kitab ALLOH! ALLOH yang menurunkan kitab tersebut. Didalam kitabnya tersebut ALLOH menulis kalo gak salah, “Aku sendiri yang akan menjaga kitab Al-Quran sampai akhir zaman”.

Kyvic : (tertawa) hahaha… lu ini, mana mungkin hal itu bisa jadi logika lu. Bisa saja kan ayat tersebut hanya dibuat2 oleh orang2 iseng. Dalil lu itu gak ngebuktiin apa2 bro. Gw kan dah bilang tadi. Selama 14 abad itu apa gak ada yang namanya perubahan dalam Al-Quran? Lu kaya gak tau manusia aja? Sedikit banyak pastilah ada perubahan. Dan bisa jadi juga besar kemungkinan ayat yang lu omong tadi cuman bullshit semata. Cuman omongan orang2 jail belaka. Lantas kalo udah begitu? Apa yang harus gw percaya? Apa lagi yang harus gw percaya? Al-Hadist? Itukan derajatnya setingkat dibawah Al-Quran! Sedang Al-Quran sendiri meragukan kebenarannya. Mana yang disebut agama benar itu? Kitab sucinya saja meragukan kebenarannya. Apa yang harus gw percaya lagi? Gak ada? Apa kalo semua yang meragukan itu tetap dipertahankan, bukan disebut kebodohan yang dilestarikan?

Tim : wah bro. Kalo begitu lu menghina seluruh dunia pemeluk agama Islam. Lu sama saja mengklaim semua orang itu bodoh

Kyvic : mungkin juga begitu. Bukan gw yang ngomong loh. Lu itu mah!

Tim : yang dari penjelasan lu tadi lu secara sengaja or gak udah mengarah pada penghinaan macam itu. Begini coy. Semua umat Islam yang ada didunia mempercayai bahwa Al-Quran itu masih asli dan dijamin keasliannya oleh ALLOH tuhan semesta alam. Nah, yang ngomong itu tuch bukannya sederatan orang bodoh yang semuanya gak mengenyam pendidikan. Semuanya ada yang mengenyam pendidikan berpuluh-puluh tahun. Sampai ada yang bergelar master, doktor, dan professor. Lu ini siapa sich? S1 aja belum lulus. Jurusannya bukan teologi atau semacamnya lagi. Malah jurusan komputer. Gak nyambung. Sekarang lu ngomongin soal keaslian kitab suci. Apa itu namanya bukan kredibilitasnya diragukan? Apa itu bukan namanya memaksakan kapasitas lu sendiri? Orang-orang yang berpendidikan itu wajar mereka bicara seperti itu. Tentang keaslian kitab suci Al-Quran. Karena mereka udah meneliti berbagai literatur dan nash atau sumber yang banyak. Makanya mereka layak berbicara tentang keaslian Al-Quran, dan omongan mereka berdasarkan bukti yang bisa dipertanggung-jawabkan. Kredibilitasnya pun bisa dipertanggung jawabkan. Apalagi kalo sudah yang bergelar professor. Tentunya mereka sudah mengikuti sederetan tes yang telah dilakukan diperguruan tinggi. Dari mulai sarjana, master, doktor, sampai professor. Sedangkan lu? Lu ini siapa sich?

Kyvic : (tertawa lagi) hahaha… omongan lu ge… indah nian. Begitu intelek. Tapi gw ga tau juga. Lu juga masih ngerti gak sama omongan lu? Gw juga ngomongin ini bukan semata2 gw ngelantur. Gw juga baca ge dari yang kata lu mah “professor” segala macemnya. Mereka itu kan banyak mengeluarkan buku2 yang isinya meragukan kitab Al-Quran. Mereka itu memang bukan anak kuliahan jurusan komputer kaya gw! Mereka itu kredibilitasnya gak diragukan. Mereka itu bergelar professor dengan bidang ilmu yang sehaluan sama apa yang mereka omongin dibuku. Mereka itu professor diberbagai bidang termasuk theologi atau ilmu perbandingan agama. Mereka itu juga ada yang sampe professor ge. Yang ngelewatin serangkaian ujian dari S1 sampe professor. Apa kredibilitas mereka diragukan? Wajar dong kalo mereka bicara soal sejarah dan keaslian Al-Quran yang meragukan. Toh mereka juga menulis dengan serangkaian penelitian dan bukti2 yang berjubel. Nah kalo sudah begini? Gimana? Lu mau ngomong apa?

Tim : (tertawa juga) hahahah… lu ini pake atuh logika sedikit aja. Jangan cuman pake perasaan benci lantaran do’a2 lu gak dikabulin! Abis itu, lu membabi buta menghina apa yang sebenernya lu belum tau kejelasannya. Lu sebenernya tuch, dengan segala kekesalan dan kebencian lu, lu mencari pembenaran atas kekecewaan lu sendiri. Lu cari dalil2 yang lu anggap bisa mendukung kebencian lu. Dan lu menemukannya pada buku2 “professor junub” itu. Mereka itu, ya terang aja mereka menghina habis-habisan tentang Islam dan segala yang berhubungan dengan Islam. Mereka itu kan membenci Islam. Apalagi mereka juga membenci agama mereka sendiri karena ketidakpuasan dan hal-hal yang tidak sempurna pada agama mereka. Lah wong agamanya aja udah dirusak. Terus diapun ikut rusak. Kini dia pun percaya gak ada kebenaran mutlak dibumi ini. Termasuk saat mereka melirik Al-Quran. Dengan logika kebencian yang ada pada mereka. Yang menganggap kebenaran mutlak itu tidak ada, maka mulailah mereka menyerang Islam dari berbagai aspek. Dari perang sampai intelektual. Contoh serangan intelektual ini, ya itu tadi. Buku yang lu jadikan dalil tadi. Lagian lu mah. Baca buku gak dipikirin dulu. Lu aja ragu sama kitab suci, seharusnya keraguan lu juga ada pada buku yang lu baca itu! Gw yakin lu membaca buku itu tanpa adanya compare atau membandingkan dengan buku2 sejenis yang beda haluan, contohnya buku2 yang berhaluan Islam. Setiap permasalahan kan pasti ada yang pro dan yang kontra. Dan yang lu baca itu hanya mendukung kebencian lu pada sesuatu yang lu memang benci. Dalam hal ini lu benci dengan ketentuan ALLOH, lalu lu juga benci semua yang berhubungan dengan segala hal menyangkut ajaranNya. Lantas dimana logika lu tadi? Logika lu tuch hanya sebatas mencari data pada buku2 yang belum lu kompare kebasahannya. Nah dengan sendirinya logika lu tadi gak bisa dipertanggungjawabkan. Mana mungkin lu mengiyakan suatu pendapat dan mendukung sepenuhnya pendapat tersebut sedang lu gak melakukan perbandingan tentang pendapat tersebut???

Kyvic : (diam)…

Kyvic : lu percaya adanya tuhan ge?

Tim : ya percaya lah. Gw kan muslim. Aku bersaksi tiada tuhan selain ALLOH, dan Muhammad adalah utusan ALLOH.

Kyvic : lu tuch bener2 gak ngerti maksud gw ge. Semua yang lu ketahuin itu kan dari orang-orang yang belajar Al-Quran. Sedang Al-Quran itu sendiri meragukan keabsahannya. Karena sudah 14 abad! Mana mungkin selama itu gak ada perubahan? Dimana logikanya ge???

Tim : lu makin kayak orang liberal aja lu. Terlalu bertumpu pada akal. Akal lu itu lemah. Gak akan sampe pada ilmu ALLOH.

Kyvic : lalu gw harus gimana? Kata lu jangan pake perasaan benci dulu. Sedang lu juga ngelarang gw pake akal. Gimana lu ini!

Tim : gw bilang kan pake akalnya jangan terlalu mendominasi.

Kyvic : terserah lu dech.

Tim : lu bingungkan!

Kyvic : ya iyalah gw bingung. Gw gak boleh pake logika. Perasaan apa lagi! Tambah gak boleh!

Tim : maksud gw. Lu sendiri bingung kan sama pemikiran lu yang ilfil sama ALLOH. Gak beribadah kepadaNYA, mengacuhkanNYA. Lu bingung sendiri kan bahwa apa yang lu lakuin ini. Benar atau salah. Iya kan.

Kyvic : lu gak ngerti maksud gw ge. Yang gw punya sekarangkan akal buat berpikir. Buat ngebedain mana yang benar mana yang ngga. Dan tadi gw bilang, kitab Al-Quran yang selama ini orang2 baca dan lu pun pengikutinya, gak masuk akal aja sama akal gw. Mana mungkin 14 abad itu gak ada perubahan. Mana logikanya. Sekarang lu malah nyuruh gw gak boleh pake akal terlalu berlebihan. Bukannya itu juga gak masuk akal.

Tim : okelah kalo lu mau pake logika. Tapi sekali lagi coy. Bukan gw ngelarang lu pake akal. Tapi gw saranin lu gak pake akal yang berlebihan. Lu mungkin belum tau komunitas Islam yang benar2 mengandalkan akal dan menjauhi segala macam yang datangnya dari wahyu. Mereka itu pemikir2 liberal yang bercap Islam. Tapi malah menyerang Islam. Sadar atau tidak, mereka menentang Islam. Itu karena mereka terlampau menggunakan akal dibanding memperhatikan wahyu. Segala macam yang tidak mereka mengerti pada wahyu, mereka meninggalkannya karena akal. Sedang imam Al-Qozali berkata “Akal itu adalah sebuah mata, sedangkan wahyu adalah mataharinya. Semua harus digunakan berimbang. Bila hanya akal yang digunakan, sama saja dia berjalan dikegelapan.” Meraba-raba tanpa kejelasan. Sekarang mereka merusak semua yang berhubungan dengan ajaran Islam yang mereka tidak terima dalil2 dalam Islam yang tidak masuk dalam akal mereka.

Kyvic : aaah. Langsung aja kepokok permasalahannya!

Tim : begini coy. Waktu 14 belas abad itu menurut logika lu memang agak gak masuk akal. Tapi ada logika pendukungnya coy. Lu tau gak, bahwa Nabi SAW dahulu menyuruh kita apa menyangkut Al-Quran? Beliau menyuruh kita untuk menghafalnya. Saat itu para shababat menghafalnya. Ada yang menghafalnya dikepala, ada yang menuliskannya di kulit binatang, batu dan lain sebagainya. Mereka menghafalnya. Lu tau kenapa salah satu sebab Islam diturunkan di arab? Karena salah satunya, orang arab itu memang hebat hafalannya. Selain hafal Al-quran, mereka juga hafal apa yang disabdakan Rasul SAW dan pada akhirnya menjadikannya sebagai hadist. Sebuah sunnah rasul. Tulis menulis sebenernya gak terlalu penting buat mereka. Lah wong bisa mudah di ingat di kepala ngapain juga pake ditulis. Nah, kembali kepada hafalan Al-Quran. Al-Quran dulu dihafal oleh para sahabat dan masyarakat di zaman nabi. Dan pada perkembangannya. Orang2 Islam diarab tersebut berpencar keseluruh dunia untuk berdagang, siar agama, dan ada juga yang menetap. Sampai sekarang mereka menetap. Dan karena menghafal Al-Quran itu dulu adalah perintah nabi, maka mereka pun menyuruh anak cucu mereka untuk menghafalkan Al-Quran. Turun temurun sampai sekarang. Nah sekarang lu bisa tanya sama orang2 Islam diseluruh dunia yang udah hafal Al-Quran. Kalo perlu, lu kumpulin mereka dari berbagai negara dan bahasa. Trus lu cek hafalan mereka. Apakah sama atau ada yang berbeda. Pasti semuanya sama! Dan itu adalah logika yang masuk akal! Masuk akal bukan?! Kecuali lu masih benci bilang benar dan lebih suka mencari justifikasi kebobrokan Al-Quran dari orang-orang junub pembenci Al-Quran itu.

Kyvic : (diam)…

Tim : maka dari itu vic. Lu tuch jangan berpikir sempit. Kenapa gw bilang lu berpikir sempit. Yaa karena memvonis sesuatu yang sebenarnya lu belum usahakan kebenarannya.

Kyvic : aaaah gw pusing. Udah lah ge. Lu urus urusan lu sendiri. Gak usah lu perduliin gw.

Tim : gw ini temen lu coy. Apa lu gak ngerasa lu temen gw! Gw liat ada kesalahan dalam diri lu dan gw coba untuk memperbaiki nya sekemampuan gw.

Kyvic : lu bilang gw agnostik? Apa gw jadi atheis aja sekalian?! Kayanya ide bagus tuch

Tim : lah, itu lebih parah atuh. Kemana sich pikiran lu. Apa penjelasan gw belum jelas?

Kyvic : gak tau juga. Gw lagi gak bisa mikir coy! Kenapa sich lu percaya tuhan itu ada?

Tim : ya iyalah. Gw kan muslim. Percaya ALLOH, Muhammad, dan Al-Quran!

Kyvic : tapi kenapa ALLOH itu begitu misteriusnya sampe beda sama tuhan2 agama lain? Agama2 lain mah sampe ada patung lukisan dan segala macemnya. Mengapa agama Islam tidak? Bukankah sama saja kita menyembah yang tidak ada?

Tim : “Sami’na watho’na bos. Aku mendengar. Dan aku taat.” Islam yang melarang adanya lukisan dan patung2 sebagai sesembahan.

Kyvic : lantas apa yang kau sembah? Ow gw tau. Lu menyembah ke arah Ka’abah kan. Ka’bah itu kan hanya sebuah kotak besar berisi batu. Jadi lu menyembah batu? Lantas lu tadi bilang tidak menyembah berhala? Bagaimana mungkin? Kau ini menyembah batu tapi tidak mau disebut menyembah berhala?

Tim : hahaha… kita menyembah kearah ka’abah bukan berarti kita menyembah ka’bah atau batu yang ada didalamnya. Itu semua semata-mata hanya arah untuk beribadah kepada ALLOH. Dia yang menyuruh orang2 muslim. Maka kami pun taat. Itu lah coy. Jangan kau samakan logika dengan wahyu. Kadang wahyu itu belum kita mengerti sedangkan akal kita ini berbatas. Sebanyak-banyaknya lu berpikir tentang TUHAN, lu akan selalu terbelenggu dengan batasan penilaian yang lu punya. Penilaian2 dan standar2 penilaian lu itu berbatas pada logika lu sendiri. Ilmu ALLOH itu begitu luas sedang akal lu begitu kecil saat lu coba menjangkaunya. Sudahlah, saran gw lu mulai nongkrong di pengajian. Coba pahami apa yang ada didalamnya. Cobalah beribadah, sholat, mengaji, dll walaupun itu sulit. Karena bila kita bertobat, insyaALLOH ALLOH akan mengampuni dosa-dosa kita. Sebaik-baik manusia bukanlah orang yang suci dari dosa, tetapi saat dia berbuat salah, dia buru-buru menyesal dan bertaubat. ALLOH itu maha membolak-balikan hati manusia. Dengan ibadah, diharapkan Dia sudi buat mengistiqomahan hati lu. Bila sudah istiqomah, maka akan ada kemudahan, ketenangan dan ilmu yang bakal lu dapet yang gak sembarang orang bisa dapet.

Kyvic : hmmm… taulah ge. Kayaknya gw butuh waktu. Gak bisalah gw memutuskan gitu aja apa yang udah gw pikirin. Kalo begitu gw cabut dulu. Thanks udah sudi ngasih gw waktu ngobrol. Selamat sore!

Tim : Hayah selamat sore!!! Ati2 dijalan!



Muhammad Nafis Abdullah

jalanroda[at]gmail.com

0 comments:

Posting Komentar

Silakan isi box ini jika ingin berkomentar